5 Tips Lancar Lebaran Bersama Rental Mobil Solo

Posted on

5 Tips Lancar Lebaran Bersama Rental Mobil Solo – Lebaran tinggal menghitung hari, itu artinya waktu untuk pulang ke kampung halaman pun sudah semakin dekat pula. Budaya mudik ke kampung halaman memang sudah menjadi budaya yang melekat erat di masyarakat Indonesia. Mudik ke kampung halaman wajib dilakukan sebagai bentuk bakti kepada orangtua dan sebagai cara untuk bersilahturahmi dengan para kerabat. Nah, selain menggunakan alat transportasi umum, penggunaan rental mobil Solo menjadi alternatif bagi para pemudik. Jika Anda tertarik untuk mudik dengan mobil rental, sebaiknya simak beberapa tips berikut ini.

  1. Lakukan pemesanan rental mobil jauh-jauh hari

Masa-masa awal puasa atau bahkan sebelum puasa menjadi waktu yang tepat untuk mulai melakukan pemesanan rental mobil solo. Pemesanan jauh-jauh hari sebelum waktu keberangkatan ini akan memberikan keleluasaan untuk memilih jenis kendaraan yang masih tersedia. Sebab jika waktu mudik semakin dekat, maka pilihan jenis kendaraan pun semakin sempit atau bahkan sudah kehabisan.

Jenis kendaraan yang paling sering dipilih untuk keperluan mudik adalah jenis kendaraan MPV (Multi Purpose Vehicle), seperti Xenia, Avanza dan Inova. Kendaraan jenis MPV ini memiliki kapasitas penumpang yang banyak yakni sekitar tujuh orang sehingga sangat cocok digunakan untuk mudik bersama seluruh anggota keluarga. Jenis kendaraan ini juga mempunyai bagasi yang cukup memadai. Ditambah lagi bagian kursi belakang bisa dilepas atau dilipat sehingga bisa memuat lebih banyak barang bawaan.

Dari segi harga rental mobilnya, jenis kendaraan MPV seperti Xenia, Avanza dan Inova, memiliki harga yang cukup terjangkau jika dibandingkan dengan kendaraan mewah seperti Alphard, Pajero atau CRV. Karena itu segera lakukan pemesanan jauh-jauh hari di rental mobil Solo agar bisa memperoleh jenis kendaraan yang ekonomis. Ada baiknya pilihlah jenis kendaraan yang sudah biasa digunakan sehingga Anda menguasainya dengan baik.

Mitsubishi-Pajero-Sport

  1. Melakukan pengecekan kondisi mobil

Setiap rental mobil tentunya selalu berusaha menyediakan mobil rental dalam kondisi yang prima untuk para konsumennya. Namun bukan berarti Anda harus percaya begitu saja dengan kondisi mobil yang disediakan. Sebaiknya bersikaplah waspada dengan mengecek kembali kondisi fisik mobil sebelum dipakai untuk mudik agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diharapkan dalam perjalanan mudik.

  1. Memperlakukan mobil rental dengan baik

Rental mobil pada umumnya tidak menanggung biaya kerusakan pada mobil yang disebabkan oleh pengendaranya. Karena itu sebaiknya berhati-hatilah dalam menggunakan mobil rental. Perlakukan mobil tersebut dengan baik seperti halnya mengendarai mobil sendiri. Jika terjadi kerusakan, Anda sendiri sebagai penggunanya yang akan dirugikan.

Bila memang terjadi kerusakan yang mengharuskan perbaikan, sebaiknya hindari memilih sembarang bengkel. Lakukan komunikasi dengan pihak rental mobil agar mereka bisa memberikan referensi bengkel yang sesuai dengan standar mereka.

driving_car_person_223182

  1. Meminta contact person rental mobil

Jangan lupa untuk meminta dan menyimpan nomor telepon dari contact person rental mobil. Jika perlu Anda bisa meminta beberapa nomor telepon contact person sekaligus untuk berjaga-jaga. Hal ini penting demi kelancaran mudik agar Anda bisa menghubungi pihak rental sewaktu-waktu jika terjadi keadaan darurat ataupun musibah.

  1. Menggunakan jasa sopir

Menyewa mobil saja tanpa menggunakan sopir memang lebih ekonomis jika dibandingkan dengan menyewa mobil dengan sopir. Namun sebaiknya pertimbangkan hal lainnya di samping harga yang lebih murah. Salah satunya pertimbangan mengenai keselamatan. Mereka yang tidak terbiasa mengemudi dalam waktu lama dan jarak tempuh yang jauh tentu sebaiknya memilih untuk menggunakan layanan sopir. Sopir-sopir yang disediakan di rental mobil pastinya sudah mempunyai pengalaman puluhan tahun berkendara di jalanan sehingga kenyamanan akan didapatkan begitu pula dengan keselamatan.

Selain itu, pertimbangkan pula mengenai tingkat stress di jalan. Sudah bukan rahasia lagi jika menjelang lebaran atau saat mudik, lalu lintas di setiap daerah selalu saja begitu padat. Bila tidak terbiasa menghadapi situasi seperti ini, tentu akan terasa sangat melelahkan. Untuk itulah, penggunaan layanan rental mobil dan sopir sangat direkomendasikan.

Lalulintas

Nah, itulah setidaknya 5 tips bermanfaat agar mudik lebaran dengan rental mobil Solo berjalan dengan lancar. Jangan lupa memanfaatkan waktu libur lebaran tak hanya untuk mudik ke kampung halaman saja tetapi juga untuk mengunjungi objek-objek wisata yang terdapat di sekitar kampung halaman. Dengan demikian, libur lebaran pun menjadi semakin berkesan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *