Jl Tanjung 6 No 7 Karangasem RT 03/03 Laweyan Surakarta 57145
+62 85289423000
+62 85725447000
+62 87805431119
Menu

6 Gangguan Saat Traveling Bersama Sewa Mobil Solo dan Cara Mengatasinya

6 Gangguan Saat Traveling Bersama Sewa Mobil Solo dan Cara Mengatasinya – Ketika sedang traveling, ada berbagai hal yang bisa terjadi selama perjalanan. Misalnya saja kesehatan yang tiba-tiba saja terganggu. Hal ini tentunya akan membuat perjalanan wisata bersama dengan sewa mobil Solo menjadi kurang nyaman. Nah, sebaiknya waspadai gangguan-gangguan kesehatan yang mungkin muncul saat traveling dan ketahui pula cara mengatasinya.

  1. Mabuk perjalanan

Sebagian orang memiliki kecenderungan mengalami mabuk saat melakukan perjalanan darat. Mabuk perjalanan ditandai dengan rasa mual, sakit kepala, wajah yang pucat, keluarnya keringat dingin dan hilangnya nafsu makan. Kalau sudah begini tentunya perjalanan wisata menjadi terganggu, bukan?

Mabuk perjalanan tak lain disebabkan kondisi otak yang menerima sinyal pergerakan dari mata yang terlalu banyak dan juga organ keseimbangan yang terdapat di bagian dalam telinga. Orang-orang yang mempunyai kecenderungan mabuk perjalanan, sebaiknya mengkonsumsi Clorpeniramine paling tidak 30 menit sebelum melakukan perjalanan. Namun obat ini menyebabkan mengantuk. Tujuannya tak lain membuat Anda tertidur selama perjalanan sehingga tidak mabuk. Hal ini tentu membuat Anda tidak bisa menikmati perjalanan wisata yang indah.

Alternatif selain mengkonsumsi Clorpeniramine adalah dengan memanfaatkan jahe. Minumlah wedang jahe hangat sebelum melakukan perjalanan. Jahe akan membantu menghangatkan tubuh dan membuat tubuh lebih rileks. Di Kota Solo, ada banyak warung-warung yang menyediakan minuman ini. Atau seduhlah tiga lembar daun peppermint dan minum selagi hangat. Daun peppermint juga bisa membuat tubuh rileks.

600-01123709 © Masterfile Model Release Boy Sitting in Car Looking in Paper Bag

  1. Diare

Sudah bukan hal baru lagi jika sebagian pelancong mengalami diare selama perjalanan wisata. Maklum saja, ada banyak menu-menu baru di Kota Solo yang sebelumnya tak pernah dicicipi. Perbedaan jenis makanan dan bumbu-bumbu yang digunakan menjadi pemicu terjadinya diare ini. Sistem tubuh tidak mengenali makanan-makanan baru tersebut sehingga terjadilah diare. Faktor lainnya adalah kebersihan dari makanan-makanan yang dikonsumsi.

Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya tetap berhati-hatilah saat berwisata kuliner. Pilih tempat-tempat wisata kuliner yang terjamin kebersihannya dan benar-benar mengolah makanan hingga matang. Jangan lupa untuk membawa obat diare ketika melakukan perjalanan untuk mengantisipasi keadaan ini.

Diare

  1. Biang keringat

Pantai, taman bermain ataupun air terjun menjadi salah satu objek wisata favorit yang pastinya akan dikunjungi saat berwisata ke Kota Solo dengan menggunakan layanan sewa mobil Solo. Salah satu gangguan kesehatan yang kerap terjadi ketika berwisata di alam terbuka adalah munculnya biang keringat. Biang keringat ini berupa bintik-bintik berwarna merah yang timbul di kulit, gatal dan menjadi lecet jika digaruk.

Untuk menghindari biang keringat, sebaiknya pilihlah pakaian yang longgar dan dari bahan yang menyerap keringat. Kostum seperti ini akan membuat kulit lebih bisa bernafas. Jangan lupa gunakan juga topi yang lebar sehingga kepala dan leher terlindungi dari sengatan sinar matahari secara langsung. Gunakan pula sunblock agar kulit tidak rusak terkena paparan sinar matahari.

biang-keringat

  1. Kram otot

Kram otot biasanya terjadi ketika seseorang melakukan aktivitas berat di suhu yang panas. Misalnya saja ketika berlarian di pantai atau saat bermain air di kolam renang. Kontraksi pada otot yang disebut kram otot ini sangat menyakitkan dan membuat mereka yang mengalaminya tak mampu berjalan sementara waktu. Kram otot biasanya menyerang otot betis, paha dan juga perut.

Untuk mengatasi keadaan tersebut, campurkanlah garam secukupnya ke dalam air mineral lalu minumlah air tersebut. Beristirahatlah dulu beberapa saat dan lakukan peregangan otot untuk mengembalikan kondisi otot.

kram-otot

  1. Kulit lecet dan melepuh

Keadaan ini paling sering dialami oleh para wanita saat wisata belanja. Saat memasuki tempat-tempat wisata belanja di Kota Solo seperti di Pasar Klewer, BTC (Beteng Trade Center), kampung batik Kauman atau kampung batik Laweyan seringkali kaum wanita menjadi lupa diri. Akibatnya, kulit kaki pun menjadi lecet-lecet dan melepuh. Keadaan ini sebaiknya segera diatasi dengan memberikan antiseptik agar tidak terjadi infeksi.

Untuk mencegah lecet-lecet dan melepuh pada kulit kaki, sebaiknya pastikan sepatu yang digunakan untuk berjalan-jalan benar-benar nyaman, tidak sempit dan pas di kaki. Pastikan pula sepatu tersebut dari bahan yang lembut sehingga gesekan pada kulit tidak menyebabkan lecet dan melepuh.

Kaki lecet

  1. Gigitan nyamuk

Gigitan nyamuk saat berwisata biasany dialami ketika mengunjungi spot-spot wisata alam dengan pepohonan yang masih banyak. Misalnya saja di hutan dan juga di sekitar air terjun. Untuk mencegah hal ini sebaiknya selalu sediakan lotion anti nyamuk atau gunakan pakaian tertutup seperti celana panjang dan baju lengan panjang.

Nyamuk

Nah, itulah beberapa gangguan kesehatan yang bisa saja terjadi selama melakukan traveling dengan menggunakan layanan sewa mobil Solo dan cara-cara mengatasinya. Mengingat gangguan-gangguan tersebut bisa membuat perjalanan wisata menjadi kurang nyaman, ada baik juga Anda selalu membawa kotak P3K agar pertolongan pertama bisa segera dilakukan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Leave a Reply