6 Tips Menikmati Traveling ke Surakarta

Posted on

Surakarta atau Solo adakah kota yang kental nuansa historis dan budayanya. Berikut 6 tips singkat tentang bagaimana traveller menikmati Solo.

1. Taman Balekambang

Terletak di Jalan Ahmad Yani atau Jalan Semarang, Solo atau Surakarta, Taman Balekembang hanya berjarak sekitar 1,4 kilometer dari Graha Saba Buana.

Taman ini dulunya dibangun oleh Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aro (KGPAA) Mangkunegara VII untuk kedua putri kembarnya, Partini dan Partinah.

Sempat tak terurus, taman yang dulunya bernama Partini Tuin dan Partina Bosch ini akhirnya mendapat revitalisasi dari PemkotSolo.

Selain berfungsi sebagai hutan kota, terdapat beberapa ekor rusa yang dilepasliarkan.

Ada juga taman reptil, green house, taman air, tempat outbond, gedung ketoprak, serta rumah peristirahatan.

2. Museum Radya Pustaka

Terletak di kawasan Taman Sriwedari, Museum Radya Pustaka yang terletak sekitar 4 kilometer dari Graha Saba Buwana.

Terdapat aneka macam koleksi sejarah, seperti tombak, keris, gamelan, buku-buku kuno serta peninggalan-peninggalan lainnya di museum ini.

Sempat dianggap menyeramkan oleh masyarakat, kini Museum Radya Pustaka telah dipugar untuk lebih menarik minat wisatawan.

3. Kampung Batik Laweyan dan Kauman

Sedikit lebih jauh dari Taman Balekembang, Kampung Batik Laweyan dan Kauman berjarak sekitar 5 kilometer dari Graha Saba Buwana dan tak jauh dari Pasar Klewer.

Kampung batik ini menjadi salah satu pusat produksi batik tradisional terbesar di Kota Solo. Menyusuri Kampung Batik Laweyan, Anda bisa memilih berjalan kaki atau menggunakan becak.

Para tukang becak siap mengantar para pengunjung menyusuri deretan industri batik rumahan dan sesekali berhenti di toko-toko batik.

Kunjungi kampung ini pada pagi hari untuk bisa melihat proses pembuatan batik tulis, batik cap, pencelupan, pencucian, hingga penjemuran kain.

4. Galabo

Ingin mencicipi lezatya kuliner khas Solo? Gladag Langen Bogan(Galabo) menyajikan beragam kuliner khas Solo yang menggoda selera.

Didirikan sejak 2008, Galabo menjadi pusat kuliner Solo dengan menyajikan beragam kuliner khas, seperti tengkleng, sego liwet, juga gudeg ceker.

Dicanangkan sebagai one stop kuliner untuk para wisatawan, Galabo hadir di Jalan Mayor Sunarno tepat di depan Pusat GrosirSolo di Kawasan Gladag.

5. Keraton Kasunanan Surakarta

Belum lengkap rasanya mengunjungi Solo tanpa pergi ke Keraton Kasunanan Surakarta. Menjelajahi keraton yang dibangun tahun 1745 oleh Raja Paku Buwono II ini, Anda akan dibawa menjelajahi sejarah, seni, dan juga budaya dalam waktu yang bersamaan.

Kunjungi juga Museum Keraton Kasunanan Surakarta yang menyimpang berbagai benda pusaka serta koleksi-koleksi keraton lainnya.

6. Sepur Kluthuk Jaladara dan Bus Werkudara

Dua moda transportasi ini sangat cocok untuk Anda yang ingin berkeliling Kota Solo.

Sepur Kluthuk Jaladara merupakan rangkaian kereta uap buatan Jerman yang siap mengantar para penumpang melintasi pusat Kota Solo.

Untuk menaiki kereta yang dibuat pada 1896 ini, pengunjung bisa menyewanya dengan harga mulai Rp 150.000 – Rp 3.250.000 tergantung jumlah wisatawan.

Sewa Mobil Solo Mandiri Rent Car

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *