Jl Tanjung 6 No 7 Karangasem RT 03/03 Laweyan Surakarta 57145
+62 85289423000
+62 85725447000
+62 87805431119
Menu

7 Wisata Kuliner di solo yang wajib dikunjungi oleh wisatawan

Dari wisata sejarah, seni, budaya, sampai dengan Wisata Kuliner Di Solo merupakan pilihan menarik untuk sebuah kota wisata. Kota Solo mempunyai modal lebih dari cukup sebagai tempat wisata. Dari beberapa kota-kota lain di Jawa Tengah, Kota Solo adalah salah satu tujuan favorit para wisawatan karena mempunyai beragam wisata yang komplit. Banyak acara yang digelar sepanjang tahun, baik dari tingkat nasional maupun internasional, mampu menjadi daya tarik yang mengundang para turis. Sehingga sudah sepantasnya bila Anda wajib berkunjung di 7 wisata kuliner di solo ini.

Dalam urusan Wisata Kuliner di Kota Solo  memang sudah diakui kelebihannya oleh para pencinta dan pakar kuliner. Kekayaan Wisata Kuliner nya sering muncul di berbagai acara televisi nasional maupun dimuat di banyak media cetak. Hal tersebut tidak mengherankan karena banyak sekali jenis makanan khas nan lezat yang hanya dapat dijumpai di kota yang tak pernah tidur ini. Harganya relatif murah. Bahkan, Anda yang berasal dari kota-kota besar mungkin akan menganggapnya sangat murah.

Berikut ini tujuh daftar Wisata Kuliner yang sebaiknya Anda nikmati jika berkunjung ke Kota Solo.

Wisata Kuliner Nasi Liwet Kota Solo

Wisata Kuliner Nasi Liwet di solo
Rasanya gurih seperti nasi uduk karena nasinya dimasak dengan menggunakan santan. Nasi liwet yang biasa disajikan dalam pincuk (wadah) dari daun pisang ini dihidangkan dengan sambal goreng labu siam, suwiran (potongan tipis) daging opor ayam, telur, dan areh (santan kental bagian atas yang direbus). Jika merasa lauknya kurang, bisa ditambah hati ampela, telur, atau daging ayam.

Nasi liwet mudah dijumpai di mana pun dan sering dijadikan menu sarapan. Namun, banyak juga dijajakan pada malam hari, salah satunya berada di kawasan triwindu. Berada di sisih timur dari pasar Triwindu, berderet warung-warung yang menyediakan Kuliner Nasi Liwet. Harga Nasi Liwet di kawasan ini berkisar Rp.10.000,-.

Wisata Kuliner Cabuk Rambak Kota Solo

Wisata Kuliner cabuk rambak di solo
Sajian khas Kota Solo ini banyak ditemukan di halaman Masjid Agung. Dengan campuran utama ketupat atau gendar janur, cabuk rambak memiliki citarasa yang sangat khas karena bumbunya menggunakan wijen yang digoreng bersama santan kelapa, cabai, bawang putih, kemiri dan gula merah. Makanan ini disantap dengan karak, sejenis krupuk dengan bahan dasar beras. Selain banyak ditemukan di halaman Masjid Agung Kota Solo, makanan ini juga banyak di temukan di tempat penjual Nasi Liwet. Jadi sangat mudah di temukan di kawasan Kota Solo.

Wisata Kuliner Tengkleng Kota Solo

Masakan yang bahan bakunya tulang-belulang kambing ini rasanya mirip gulai, tapi dimasak tanpa santan. Jadi, tak perlu terlalu khawatir dengan bahaya kolesterol yang ditimbulkannya. Apalagi cara menyantapnya yang harus mbrakoti (menguliti sisa-sisa daging yang menempel dengan gigi), mengisap sumsum tulang, dan mengorbankan kebersihan jari-jari tangan, menimbulkan keasyikan tersendiri.

Tiap warung sate kambing menjajakan menu tengkleng, tapi yang paling terkenal adalah yang berlokasi di gapura utara Pasar Klewer yang dimiliki Bu Edi. Tempat jualan sejak 1971 ini sangat sederhana, tapi sebelum buka pukul 13.00, para pembeli sudah antre. Bahkan, tengkleng ini bisa habis hanya dalam waktu dua jam. Wah…bisa dibayangkan kelezatannya mengapa tengkleng yang kini dikelola anak Bu Edi ini sangat laris.

Wisata Kuliner Tengkleng bu edi di solo

Anda bisa memesan tulang iga, tulang kaki, tengkorak, pipi, jerohan, lidah, sumsum, atau mata. Makanan ini disajikan dalam pincuk daun pisang, tapi banyak juga yang membeli untuk dibawa pulang. Dengan harga seporsi Rp15.000,00, Anda bisa merasakan kenikmatan tengkleng yang kondang di Solo.

Wisata Kuliner Gudeg Ceker Margoyudan Kota Solo

Warung tenda yang berada di Jalan Monginsidi Margoyudan ini buka mulai dini hari sekitar pukul 01.30 WIB di saat orang sedang nyenyak tidur. Tetapi, tak ada salahnya bila Anda meluangkan waktu untuk mencicipi kelezatan gudeg ini.

Wisata Kuliner Gudeg ceker Margoyudan di solo

Jam buka yang tidak seperti biasa ternyata tak membuat warung yang berdekatan dengan SMA Negeri 1 dan 2 Surakarta ini sepi dari pembeli, bahkan sebaliknya. Banyak mobil dari luar kota yang parkir di dekat warung tenda itu. Entah mereka sedang baru melintas di Solo atau memang wisatawan domestik yang tengah berkunjung di Kota Solo. Saking banyaknya pengunjung, bersiaplah antre cukup lama untuk dilayani. Harga per porsi gudeg Rp12.000,00.

Ceker (cakar) ayam yang di sajikan berasa sangat sangat gurih dan empuk karena dimasak dalam waktu yang lama sehingga tulang dan daging menjadi sangat empuk. Apalagi saat dimakan bersamaan dengan gudeg beserta nasinya. Anda dapat memilih menyantapnya dengan duduk di bangku dalam tenda atau lesehan di luar sambil menikmati suasana malam. Warung ini tutup sekitar Subuh, tapi kadangkala tutup menjelang pukul enam pagi.

Wisata Kuliner Serabi Notosuman Kota Solo

Bernama Serabi Notosuman karena terletak di kawasan Notosuman, adalah penganan legendaris di Solo sejak 1923. Sangat cocok dimakan sambil minum kopi atau teh hangat. Sering disajikan sebagai kudapan untuk rapat, seminar, atau untuk oleh-oleh. Namun, camilan ini hanya bertahan tidak lebih dari sehari sehingga harus dimakan hari itu juga.

Buka mulai pukul lima pagi, namun jika musim liburan, Lebih baik anda membeli saat pagi hari. Jika sudah siang, biasanya sudah ludes diborong para wisatawan.

Ada dua varian yang ditawarkan, yakni putih dan cokelat. Silakan mencoba keduanya agar bisa merasakan perbedaan rasanya. Namun, jika menginginkan rasa yang original, silakan pilih yang putih. Meskipun polos tanpa ditaburi bahan penambah rasa, kudapan ini sangat gurih. Harga per biji untuk serabi putih Rp2.000,00 dan yang cokelat Rp2.200,00.

Wisata Kuliner Tahok Kota Solo

Wisata Kuliner Tahok di solo

Tahok adalah salah satu varian kembang tahu yang populer di Solo. Makanan yang konon berasal dari Cina ini dibuat dengan ampas kedelai yang menggumpal seperti agar-agar lembek, kemudian disiram dengan kuah gula dan jahe yang terasa hangat dan nyaman di perut. Pedagang tahok dapat dijumpai di utara kretek gantung lodji wetan atau sekitaran pasar gede Kota Solo. Perporsi Tahok di hargai Rp.5.000,-

Wisata Kuliner Dawet Ayu Pasar Gede Kota Solo

Wisata Kuliner  Dawet Ayu Pasar Gede di solo

Kuliner yang satu ini wajib dicoba, karena kesegarannya yang terkenal mampu mengalahkan panasnya hari di Solo. Selain itu, rasanya berbeda dengan dawet ayu lain. Dawet ini berasal dari cendol dari tepung beras atau Onggok, ketan hitam, dan selasih yang disiram dengan sirup dari gula kelapa yang berwarna bening. Dawet ayu ini bisa dibeli di Pasar Gede. Dengan uang Rp.3.000,- anda sudah dapat menikmati kesegarannya.

Leave a Reply