Jl Tanjung 6 No 7 Karangasem RT 03/03 Laweyan Surakarta 57145
+62 85289423000
+62 85725447000
+62 87805431119
Menu

Menyusuri Kampung Batik Laweyan Solo yang Mempesona

Menyusuri Kampung Batik Laweyan Solo yang Mempesona – Kota Solo tidak hanya terkenal memiliki banyak wisata malamnya saja. tetapi Kota Solo masih menyimpan banyak sekali destinasi jenis wisata yang bisa kita nikmati. Mulai dari wisata budaya, wisata religi, hingga wiata kerajinan.

Salah satu wisata kerajinan yang ada di kota Solo dan patut Anda kunjungi adalah Kampung Batik Laweyan Solo. Kampung ini sangat terkenal di Indonesia, dan bahkan pada jaman dahulu Kampung Batik Laweyan Solo ini sudah terkenal hingga sampai ke mancanegara. Kampung ini terkenal karena kualitas batik yang ditawarkan.

Menyusuri Kampung Batik Laweyan Solo yang Mempesona
Kampung Batik Laweyan Solo dikenal sebagai kampungnya para juragan batik. Baik juragan batik yang berasal dari Solo ataupun sekitarnya. Kampung ini mulai terkenal sejak tahun 1970. Dari informasi yang kami dapatkan saat berkunjung ke Kampung Batik Laweyan, pengambilan nama kampung tersebut berasal dari lawe yang berarti bahan baku pembuatan kain mori. Sehingga disinilah tempat pembuatan kain benang lawe terbesar di Indonesia.

Setelah kami menelusuri lebih dalam mengenai sejarah berdirinya Kampung Batik Laweyan Solo Solo ini, kami mendapatkan bukti sejarah bahwa kampung ini dahulunya merupakan bagian dari Kerajaan Pajang, yang menjadi pelopor berdirinya kampung satu ini adalah Kyai Ageng Henis pada abad ke- 16. Hal ini dibuktikan dengan terdapatnya sebuah makam bertuliskan Kyai Ageng Henis. Makam tersebut juga sekarang dijadikan sebagai objek wisata religi di kota Solo.

Kampung-Batik-Laweyan-kota-solo

Memasuki kawasan perkampungan batik Laweyan Solo ini, kita akan disambut dengan berbagai macam papan yang telah tertempel. Papan tersebut memberitahu kepada kita betapa banyaknya situs sejarah yang terdapat disana. Berbeda dengan jaman dahulu, kini wajah Kampung Batik Laweyan sudah mendapatkan banyak sekali perubahan-perubahan. Kampung yang juga dikenal sebagai bukti masa keemasan Serikat Dagang Islam yang dipelopori oleh KH Samanhudi sekitar tahun 1911 ini, popularitaskan semakin hari semakin meningkat seiring dengan diperkenalkannya hasil kerajinan batik dari kota Solo ke mata internasional.

Singgah di Kampung Laweyan Solo, kita bisa menikmati berbagai macam desain-desain bangunan megah abad jaman dahulu. bangunan-bangunan tersebut hampir mirip dengan bangunan yang terdapat di Keraton Surakarta Hadiningrat, dimana bangunan ini menggunakan gaya-gaya Eropa bercampur dengan artsitek Jawa. hal ini juga membuktikan bahwa jaman dahulu Kampung Batik Laweyan pernah mencapai taraf perekonomian yang maju atau tinggi. bahkan kami juga mendapatkan informasi, kampung ini dahulu sebenarnya merupakan eksportir pertama.

Menyusuri lorong-lorong yang ada di Kampung Batik Laweyan Solo, kita akan menemukan banyak rumah pengrajin batik. Kita juga bisa merasakan aroma malam (lilin) yang sangat khas dengan kain batik. Aroma tersebut terpadu dengan sangat ciamik dengan kesan masa lalu yang ditonjolkan akibat desain-desain bangunan kuno. Dijamin Anda saat berada disini serasa memasuki masa jaman dahulu.

Selain menikmati bangunan-bangunan kuno masa lalu yang sangat menawan. Di Kampung Batik Laweyan Solo ini, kita juga bisa menikmati berbagai macam kerajinan batik, kerajinan batik tersebut tersedia dalam beragam motif. Bahkan jumlah variasi motif dari pengrajin batik satu dengan yang lainnya itu tidak bisa terhitung berapa banyaknya. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa berlatih menjadi seorang pengrajin batik sendiri. karena di kampung ini disediakan wahana melukis batik dengan tangan kita sendiri.

Setelah puas menikmati keindahan bangunan dan kerajinan batik di Kampung Batik Laweyan Solo, Anda bisa pulang dengan membawa oleh-oleh khas berupa kerajinan batik dari kampung tersebut. untuk mendapatkan buah tangan tersebut, disana sudah ada banyak sekali penjual oleh-oleh yang siap untuk Anda bawa pulang.

Untuk bisa menuju ke Kampung Batik Laweyan Solo, sebenarnya sangat mudah sekali. kampung ini terletak di Jalan Doktor Radjiman no. 521. Jika Anda tidak tahu alamat lokasi tersebut, Anda bisa bertanya kepada salah satu warga di kota Solo, kami yakin mereka pasti tahu lokasi objek wisata Solo satu ini. selamat berlibur di kota Solo, dan semoga liburan Anda bersama keluarga lebih menyenangkan. Salam 

Leave a Reply