Para Penarik Becak di Pasar Gede Naiki Becak China

Posted on

Para Penarik Becak di Pasar Gede Naiki Becak China – Sejumlah pria berkaos merah berpererawakan tinggi, kulit putih dan bermata sipit terlihat mengeremuni para becak’>penarik becak yang sedang mangkal di Pasar Gede, Solo, Rabu (25/1/2017).
Para pria berkaos merah ini kemudian menyalami para becak’>penarik becak, lalu mengajak mereka mengobrol akrab.

Selang beberapa saat, para becak’>penarik becak di ajak menaiki becak khas China yang biasanya ditarik oleh seseorang.

Usai naik, pengayuh becak kemudian diajak berkeliling kompleks Pasar Gede, Solo sembari meneriakkan “Bhineka Tunggal Ika”.

Aksi tersebut merupakan wujud kerukunan masyarakat yang ada di Kota Solo, meski di Kota Bengawan terdiri dari berbagai etnis, suku maupun agama.

“Aksi ini sebagai wujud kerukunan masyarakat di Solo yang beraneka ragam suku, agama atau etnis. Tidak ada istilah asing dan aseng,” ujar penggas acara, Kopral Besar Bagyo.Pensiunan Polisi Militer tersebut mengibaratkan kerukunan tersebut sudah lama terjadi di Pasar Gede.

“Di Pasar Gede semua orang ada. Mereka saling menyapa, berinteraksi, dan saling membutuhkan karena terjadi proses jual beli untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari,” tandasnya.

Seorang warga keturunan Tionghoa yang turut dalam acara tersebut, Tanu Kismanto mengatakan jika dia dan rekan-rekannya adalah asli orang Indonesia.

“Kami lahir di Indonesia, sehari-hari memakai bahasa Indonesia bahkan bahasa Jawa, sehingga kami wajib juga menjaga kerukunan dan menjunjung tinggi dasar negara Indonesia,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *