mandiri sewa mobil solo
mandiri sewa mobil solo

Tari Sayuk Surakarta Peringati HUT SOLO

Posted on

SOLO – Seremonial peringatan HUT ke-271 Kota Solo digelar secara sederhana tapi meriah di Stadion Sriwedari, Kamis (18/2). Pada agena tersebut, tamu undangan disuguhi penampilan tari Sayuk Surakarta yang menggambarkan tentang kerukunan dan kebersamaan.

Pantauan Jawa Pos Radar Solo, puluhan penari dari sanggar tari Suryo Sumirat dilengkapi properti berupa tampah yang menambah gerakan tarian mereka lebih atraktif. Suara merdu Sruti Respati yang menyanyikan keroncong, menambah semarak.

Tidak hanya itu saja, sebelumnya sebanyak lima penari yang mengenakan jubah dan menggambarkan lima tokoh lintas agama melakukan teatrikal dengan saling berjabat tangan menandakan kerukunan. Ada pula dua penari perempuan membawa bakul untuk memperagakan aktivitas perdagangan tempo dulu.

Koreografer tari Sayuk Surakarta Neneng Y  mengatakan, tarian tersebut menyajikan gambaran nyata kehidupan warga Solo, yaitu ada semangat kerukunan dan kebersamaan.

“Ini adalah kondisi riil di kota Solo, ada kerukunan umat beragama dan juga aktivitas ekonomi,” katanya.

Sementara itu, Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo yang baru dilantik hadir bersama wakil wali kota Surakata Achmad Purnomo. Rudy didaulat sebagai inspektur upacara.

Dalam sambutannya, wali kota berharap agar kerukunan antarumat beragama bisa terus terjaga, seperti halnya yang digambarkan dalam tarian Sayuk Surakarta.

Dia juga mengatakan, ke depan, bersama Achmad Purnomo lebih mengoptimalkan pelayanan publik. “Tidak ada lagi praktik pungutan liar  dalam pelayanan masyarakat. Hal ini sangat sesuai tema peringatan HUT yakni Mapan Kotaku Sejahtera Masyarakatku,” tegas Rudy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *